Categories
Uncategorized

Berwisata ke Bukit Tranggulasih

Saat ini mendadak banyak menjamur tempat rekreasi atau tempat piknik di beberapa daerah banyumas. Terlebih sejak beroperasinya layanan travel jakarta purwokerto yang notabene adalah bagian dari Banyumas

Bila anda menggunjungi tempat ini, benar-benar mata ini terasanya tersihir dengan keelokan alam yang terhampar dari atas Bukit Tranggulasih. Disamping Timur Anda akan lihat panorama Objek Rekreasi Baturraden dari arah berikut kelebihan si Bukit, Terbitnya si fajar bisa disaksikan dengan kelonggaran pandang yang mengagumkan luas. Disamping Timur laut berdiri dengan indahnya si Bukit Cendana, letak dimana tempat Perkemahan populer ada, lalu disamping utara jelas ada jejeran pegunungan lereng Slamet, disamping barat terhampar pandangan luas yang siap menyongson Sunset, Diselatan seperti melihat bentangan horison samudra laut, Kota Purwokerto serta sekelilingnya.

Bertambahnya jumlah lawatan sekaligus juga nama Bukit Tranggulasih membuat anda tidak perlu berusaha susah payah lagi bawa bekal, cari bekal atau menitipkan kendaraannya. Seputar 100 mtr. di bawah bukit sudah ada tempat parkir minimalis buat Kendaraan Roda dua serta turun lagi demikian puluh mtr. dibawahnya ada parkir roda empat.

Asyiknya lagi Pucuk Bukit Tranggulasih terbagi dalam 3 Tingkat, Tingkat kedualah yang sangat indah. Tempatnya paling menarik serta sudah diperlengkapi tempat duduk yang siap menganakemaskan mata anda melihat bentangan panorama indah yang ada. Bila anda Bertandang ke Bukit Tranggulasih, anda akan dikenai ticket masuk dengan harga Rp 5 ribu. Cukup murah dan meriah, cuma dengan harga air mineral. Disamping itu akan dikenai ongkos parkir motor Rp 5 ribu. Bila ingin berlama lama di sini, kamu dapat sewa tenda memiliki 3 – empat orang dengan harga Rp 50 ribu/ malam.

Ada dua jalur yang dapat anda lalui. Pertama, lewat Desa Kedungbanteng lalu ke utara serta masuk di gerbang curug gomblang. Sedang jalur yang ke-2 ialah melalui rekreasi curug bayan baturaden. Dari tempat parkir, setelah itu harus jalan kaki sejauh 200 mtr. untuk capai tempat Bukit Tranggulasih. Sebetulnya ada 4 pucuk yang berada di teritori rekreasi ini yaitu bukit cinta suramenggala, bukit datar, bukit tinggi dan Bukit Tranggulasih.

Terdapat di Desa Windujaya kecamatan Kedungbanteng Banyumas, persisnya di RT 03 RW 05, seputar 15km dari pusat kota. Bukit ini banyak mengambil alih perhatian pelancong dalam atau luar kota. Bisa dilalui dari dua jalan, dapat dari desa Kedungbanteng ke utara melalui gerbang masuk Curug Gomblang, atau juga bisa dari teritori rekreasi Curug Bayan (Curug Gede) Baturaden. Cukup dengan bayar ticket masuk parkir sejumlah Rp. 3000,- saja kita bisa berwisata sepuasnya di tempat ini.

Eitsss…. sebetulnya ada apa sich di bukit Tranggulasih ini? Berikut Banyumasku.com akan me-reviewnya untuk sedulur semua.

Masih terdapat di kaki gunung slamet, di bukit ini udara berasa asri serta benar-benar sejuk. Dari bukit ini Anda dapat lihat kota Purwokerto dari ketinggian, bukan hanya Purwokerto, serta Purbalingga serta Pemalang juga nampak dari atas bukit ini. Benar-benar, panorama yang benar-benar mengagumkan.

Dari tempat parkir, memerlukan waktu untuk memanjat ke sisi atas bukit, tapi tenang saja tidak jauh cuma seputar 200m, bergantung tempat mana yang akan kita kunjungi. Ada 4 Bukit penting di teritori ini yaitu bukit Datar, bukit Cinta Suramenggala, bukit Tinggi, serta bukit Tranggulasih tersebut.

Tidak paham tentu darimanakah bukit-bukit itu dinamakan demikian, serta asal-usul penemuan bukit ini sendiri masih tetap simpang siur. Kami dengar dari masyarakat seputar, dahulunya dalam tempat ini banyak offroader atau crosser (beberapa hoby motor cross atau trail) meningkatkan adrenaline mereka dengan telusuri bukit ini. Memang dapat dibuktikan adanya beberapa jejak ban motor cross yang kami jumpai di teritori ini.

Entahlah betul atau tidaknya tidak penting, sebab teritori ini betul-betul terbentuk dari alam yang disebut tempat umum serta benar-benar mengagumkan. Jadi memutuskan siapakah penemunya juga tidak begitu penting.

Untuk Anda yang memiliki hoby camping, tempat ini benar-benar pas sekali menjadi tujuan. Tempatnya juga tidak jauh dari pemukiman masyarakat. Serta di dalam teritori ini banyak penjual minuman, gorengan, camilan, mi instant, kopi, dan lain-lain. Benar-benar mempermudah Anda bila membutuhkan keperluan untuk camping atau menginap di bukit Tranggulasih ini.

Di sini Anda dapat nikmati Sunrise serta Sunset dengan panorama yang benar-benar indah. Disamping itu pohon-pohon yang teduh serta udara yang fresh benar-benar pas untuk berwisata serta menentramkan diri dari capek. Tempat yang benar-benar pas untuk berwisata akhir minggu untuk semua golongan. Bukan hanya anak muda, bapak-bapak dan ibu-ibu serta beberapa anak juga ketertarikan lihat Purwokerto dari atas bukit ini. Seolah tidak ingin melepaskan event demikian saja, beberapa pengunjung juga menyimpan event itu dengan camera-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *