Categories
Uncategorized

Perangkat Lunak ini Akan Hilang Setelah 36 Tahun Tersedia di Semua Komputer

Apakah Anda masih ingat BIOS? Suatu program yang disebut Basic Input / Output System dibangun ke motherboard komputer. BIOS adalah perangkat lunak pertama yang dijalankan ketika sistem hidup.

Tugas BIOS adalah memeriksa integritas dan fungsi komponen komputer dan menjalankan sistem operasi dari hard disk atau media lain yang diinstal.

Sejak itu, karena banyak keterbatasan, fitur BIOS telah digantikan oleh Unity Extensible Firmware Interface (UEFI) yang lebih canggih yang mendukung teknologi komputer terbaru dan menampilkan antarmuka grafis dan penunjuk tetikus untuk penggunaan yang lebih mudah daripada BIOS. itu.

Intel menggunakan Modul Dukungan Kompatibilitas (CSM) sebagai salah satu penggagas standar UEFI untuk menjaga kompatibilitas BIOS. Namun, modul CSM akan dihapus dari UEFI 2020.

Dengan kata lain, BIOS yang telah digunakan selama 36 tahun sejak komputer IBM pada 1980-an “menghilang dalam waktu sekitar dua tahun.”

Bahkan, komputer dengan UEFI baru tanpa modul CSM tidak dapat menjalankan OS atau perangkat lunak 32-bit yang lebih lama karena tidak didukung oleh UEFI.

Beberapa perangkat keras yang lebih tua, seperti hard drive, kartu jaringan dan kartu grafis, tidak kompatibel dengan UEFI dan tidak dapat dijalankan karena kebutuhan akan dukungan BIOS lama.

Sebagian besar perangkat keras yang lebih lama dirilis sebelum 2013. Meskipun perangkat lunak 32-bit dapat dijalankan dengan emulasi pada sistem operasi 64-bit, perangkat keras yang lebih lama yang harus ditambahkan ke BIOS tidak akan berfungsi pada komputer dengan UEFI baru nanti.

Mengapa saya harus menghapus dukungan BIOS? Ada beberapa alasan untuk ini, diedit oleh service komputer jakarta dari Anandtech pada Senin, 27 Juli 2017.

Salah satunya adalah keamanan. UEFI jauh lebih rentan terhadap upaya peretasan boot aman. Ini mencegah peretas membenci konten hard drive sistem operasi. Safe Boot hanya dapat diaktifkan ketika CSM dimatikan.

Selain itu, UEFI berjalan lebih cepat dan mendukung berbagai perangkat keras modern. Sebagai contoh, BIOS tidak dapat dimuat dari hard drive dengan kapasitas lebih besar dari 2,1 terabyte, tetapi UEFI mendukung hard drive dengan kapasitas hingga 9,4 zbytes (9,400,000 terabytes).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *